Minggu, 06 September 2015

Limbah Pertanian Temiyang Sari Indramayu





KETUA POKTAN “WANA JAYA”BERSAMA ANGGOTA



 



  Indramayu Jawa Barat “ kba ajiinews “

      Puluhan  Warga  Desa Temiangsari,  RT, 04 / 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu.  Mata pencaharian selama ini  sebagai petani padi.  Pada umumnya  masih memiliki waktu luang untuk  memelihara dan merawat ternak.  Dengan lahan sawah dan lahan kering yang mencapai ratusan hektar banyak terdapat limbah pertanian seperti jerami dan rumput yang belum dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

      Hal  itu,diungkapkan Ketua   Kelompok Tani  (POKTAN) Ternak   “Wana Jaya” Taryono kepada  “kba ajiinews   memanfaatkan limbah pertanian dan rumput tersebut agar menjadi komoditas pakan ternak.  Dalam membudidayakan ternak senis   kambing tujuannya adalah meningkatkan mutu dan jumlah ternak. 

Peningkatan pola hidup mandiri, peningkatan Gizi masyarakat dan meningkatkan pendapatan keluarga.
Sasaran yang sangat potensial adalah para petani yang tergabung dalam Poktan ternak “Wana Jaya”  Desa Temiyangsari,jarak 60 Kilo Meter arah selatan  Kabupaten Indramayu.Tujuan kelompok tani ternak , dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus  perekonomiannya perdesaan.

    Menjadi permasalahan mendasar, katanya Poktan Ternak “Wana Jaya” saat ini kesulitan modal untuk pengembangan usaha ternak Kambing. Sementara ketersediaan pakan dan semangat serta keaktifan anggota poktan sangat mendukung. 

      Hal ini di buktikan dengan adanya pertemuan rutin antara anggota poktan sebulan sekali yang di dalamnya diadakan bermacam – macam kegiatan seperti.  Membahas kemajuan dan kendala usaha khususnya ternak di Kabupaten Indramayu. (res/ prt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar