Jumat, 29 Mei 2015

Nelayan Rajungan Nadran Indramayu




 NELAYAN IKAN  RAJUNGAN ADAKAN  PESTA  LAUT NADRAN

 


kba ajiinews-Indramayu Jawa Barat 

Nelayan  Pabean Udik di Desa, Kecamatan  dan , Kabupaten Indramayu,  pada Selasa  menggelar tradisi pesta laut atau yang biasa dikenal dengan”  sebutan pesta laut  Nadran, “  atau upara  selamatan hajat para nelayan  pesta laut ini  diikuti oleh para nelayan dan kelaurganya .

Tradisi pesta laut atau nadran ini diikuti oleh seluruh nelayan terutama nelayan kelompok usaha  bubuh/ jarring alat penangkpan sejenis kepiting yang disebut  rajungan,  M emiliki perahu dan kemudian dari kawasan sungai Praja Gumiwang seluruh perahu yang telah diisi para nelayan dan masyarakat bahkan wartawan tersebut bergerak melaju mengikuti sebuah perahu besar yang membawa sesajenan berupa kepala kambing dan lain sebagainya ke arah tengah laut untuk melepas atau melarungnya.

Perahu-perahu nelayan pesta laut nadran  yang digunakan oleh nelayan pun unik, karena dihias se indah mungkin mulai dari perahu yang kecil sampai yang besar. Bahkan, di beberapa blok desa di daerah Pabean Udik tersebut.
 Berbagai kelompok nelayan berlomba-lomba menggelar hiburan masyarakat berupa organ dangdut,  wayang kulit hingga sandiwara tradisional.

Kepada Reaksi, Sanudin   Ketua panitia Nadran, menjelaskan , Pesta Laut atau Nadran adalah tradisi tahunan yang dilaksanakan sejak dahulu dan turun temurun oleh kalangan leluhur para di wilayah Indramayu. Dalam tradisi tersebut para nelayan melepas atau melarung sesajen kepala kambing dan lain sebagainya. "Ini tradisi udah turun-temurun mas, dari zamannya leluhur," terangr Sanudin.

Hal tersebut, tandas Sanudin, merupakan bentuk rasa syukur dan juga sebagai bentuk penangkal hal-hal yang negatif, atau dalam istilah Indramayu dikenal sebagai tolak bala.

Sementara itu, Samsul warga Pabean Udik yang ikut rombongan nelayan, mengaku senang bisa memeriahkan dan merayakan pesta laut para nelayan, meski dirinya bukan nelayan. (nasir/fey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar